10:19 AM

Combat dalam ROM

Posted by 3domba

Sistem combat dalam game ini membutuhkan skill dan equip yang cukup untuk mengalahkan musuh. Kualitas senjata dan armor sama-sama penting bersama dengan pengaturan skill yang dimiliki karakter anda. 




Untuk job yang menggunakan serangan fisik, penting untuk melatih skill dengan senjata tersebut karena berpengaruh secara langsung pada akurasi, sebaliknya job yang menggunakan serangan magic sering bergantung pada banyak magicnya yang bervariasi untuk mengalahkan musuh.


Tidak seperti permainan solo, yang pemain bisa melakukan skill yang bervariasi untuk jarak dekat, jauh, maupun menyupport karakternya sendiri. Dalam party, ada pembagian peranan untuk masing-masing job yang lebih banyak bergantung pada skill apa yang sudah dimiliki job tersebut, biasanya lebih berfokus pada damage dealer fisik/magic, healer/supporter, dan tanker.

Untuk menghadapi situasi berbeda mungkin membutuhkan taktik dan pengaturan yang berbeda. Kenali karakter anda, apa yang karakter anda mampu dalam melakukannya, dan apa yang diinginkan party yang mengundang anda. Jika anda melakukannya dengan baik maka akan jauh lebih mudah bagi anda untuk diundang dalam setiap party.

Saat mati, karakter anda bisa dihidupkan kembali di holy stone circles tempat terakhir kali anda menyimpan posisi anda, dengan mendapatkan penalty status dan hutang xp yang akan hilang seiring dengan waktu. Jika anda kembali ke tempat anda mati, anda bisa mengklik  batu nisan anda untuk mengembalikan sedikit hutang yang dimiliki. Priest bisa menghidupkan karakter anda di tempat anda mati dan berguna saat anda terlalu jauh dari lokasi holy stone circles.



2. EXP Debt
Dalam ROM, jika karakter anda mati dibunuh monster, anda akan kehilangan 5 persen atau lebih xp yang masuk ke dalam debt(hutang) . Saat berada dalam keadaan debt, 70 persen dari xp anda akan dipakai untuk membayar hutang tersebut. TP yang anda dapat tergantung dari jumlah xp yang anda dapat, jadi jika jumlah xp yang didapat berkurang, jumlah tp yang didapat pun ikut berkurang. Jika anda kembali ke tempat anda mati sebelumnya dan mengklik batu nisan anda, sedikit dari debt tersebut akan hilang.



3.Efek Atribut dalam ROM
Atribut dalam ROM tidak memberikan efek yang sama bagi setiap job. Anda bisa mengecek list atrribute di wiki ROM ini untuk keterangan detail.


4.Dungeon 
Tidak hanya di map Taborea yang luas, pemain-pemain ROM bisa membentuk party untuk berburu di dungeon yang menjanjikan xp,tp, dan drop yang lebih baik.



Dungeon di ROM dibagi beberapa tipe yaitu:
a. Instance
Quest tertentu terkadang membutuhkan anda untuk masuk ke instance. Di dalam instance terdapat bos monster kuat dengan bawahan-bawahannya yang membutuhkan party yang cukup baik untuk mengatasinya.

b. Dynamic Dungeon
Dungeon yang berubah dari waktu ke waktu dengan monster dan barang yang berbeda setiap anda masuk ke dungeon tersebut sehingga pemain selalu bisa menemukan hal baru.

c. Raids
Terkadang hanya party oleh 6 pemain tidaklah cukup sehingga membutuhkan jauh lebih banyak lagi kelompok pemain dalam jumlah besar untuk mengatasi keganasan monster yang menjaga harta di dungeon tersebut.

d. Camp Dungeon
Dungeon yang dibagi dalam beberapa level berbeda sehingga party bisa berburu monster yang sesuai dengan level mereka dan menuju level berikutnya saat dirasa sudah cukup kuat.

e. PVP Dungeon
Dungeon dimana party pemain bisa bertempur dengan party pemain lain.

f. Special Dungeon
Tidak semua dungeon bisa selalu dimasuki. Dungeon tertentu hanya bisa diakses pada waktu tertentu atau jika pemain memiliki reputasi tertentu atau quest tertentu sebagai syarat masuk ke dungeon tersebut.


5.PVP ( Player vs Player)


Jika anda masuk server PVP, lebih sedikit apa yang membatasi karakter anda untuk melakukan PK (Player Kill) dan di PK oleh karakter lain dimanapun termasuk di dalam kota, kecuali area aman di level-level awal, rumah, dan instance. Di server PVE, karakter anda harus mengaktifkan dulu PVP flag dan karakter yang menjadi target PVP anda juga harus mengaktifkan PVP flag mereka.

Karakter membutuhkan level 15 dan menyelesaikan PVP quest dari npc Lehman di Class Hall, Varanas agar mereka bisa mengaktifkan PVP flag. Jika masih dalam 1 party, tidak akan bisa bertarung satu sama lain.

6. Reputasi
Semua karakter mulai dengan reputasi 0 (good) dan semakin sering karakter itu bertarung semakin reputasinya negatif dan mendekati evil. Untuk mendapatkan reputasi kembali, setiap 20 menit dalam game tanpa melakukan PVP akan mengembalikan 1 reputasi di semua tempat selain area aman, instance, dan rumah. Membunuh monster 5 level ke atas juga mengembalikan 0.02 reputasi, tidak termasuk monster di instance.

Penjaga kota akan membunuh siapa saja pemain dengan warna merah di namanya (-150 reputasi) yang terlihat dan mereka berada di setiap kota besar Taborea, pemain dengan warna merah di namanya juga bisa menyerang penjaga kota. Pemain yang membunuh pemain lain akan otomatis dianggap musuh oleh pemain lain dan bisa diserang.

Di server PVP, saat anda dibunuh oleh pemain lain, ada kemungkinan barang anda akan drop. Barang dari item mall tidak bisa drop.

Saat anda dibunuh pemain lain, game ini akan secara otomatis mengingat pemain tersebut dan bisa diberitahu setiap mereka log in dalam game, begitu juga penyerang akan diberitahu setiap bekas korbannya log in. Maksimum 20 nama bisa diingat dalam daftar.


7. PVP antar server


 ROM memiliki filtur PVP antar server dengan beberapa medan perang yang berbeda. Untuk membukanya anda bisa mengklik icon dua pedang di minimap untuk membuka daftar medan perang dan tantangan. Dua kali klik salah satu dari tantangan tersebut, jika cukup pemain yang terdaftar maka anda akan diundang ke medan perang tersebut. Pilih "yes" dan anda akan diteleport secara otomatis ke medan perang tersebut.

Anda bisa mendaftar lebih dari 1 tantangan dan menutup jendela, bermain secara normal sampai anda dipanggil.


8.Equipment



Keunikan dalam ROM adalah equip yang karakter anda pakai akan tampak dalam gameplay sehingga ada elemen fashion dalam ROM. Yang pernah memainkan RPG gaya barat seperti Diablo II dan Titan Quest pasti tidaklah asing dengan sistem equip ini.



Setiap job dalam ROM memiliki equip berbeda yang bisa dipakai. Knight dan Warrior bisa memakai armor berat dan senjata besar seperti kapak. Scout dan Rogue sering memakai pakaian kain yang fleksibel dan senjata ringan seperti dagger. Mage dan Priest memakai pakaian yang lebih halus dari scout dan menggunakan staff/wand untuk melakukan magic mereka.

Armor dibedakan menjadi 2 tipe:
1. Primary Armor: head, body, hands, legs, feet, shoulder
2. Secondary Armor: shield, neck, waist, back, earrings, rings ,off-hand, trinket
Armor list di wiki

Senjata dibedakan menjadi 3 tipe:
1. Two handed: two-handed axes, two-handed swords ,two-handed hammers, staffs
2. One handed: axes, bludgeons, daggers, swords, wands
3. Ranged: bows, crossbows, projectiles
Weapon list di wiki


Upgrade equipment
Equip bisa diupgrade dengan berbagai cara termasuk transmutasi dan refinement.


LINK
http://www.theromwiki.com/index.php/Main_Page 




0 comments:

Post a Comment