8:20 PM

Mengkonsumsi daging bekicot

Posted by 3domba

Bekicot dulunya lebih sering dikenal di Indonesia sebagai hama yang sering merusak kebun. Tapi tahukah anda bahwa bekicot bisa dikonsumsi, dagingnya lezat dan mengandung banyak gizi. Di Eropa, bekicot sudah lama dikenal sebagai makanan favorit di Eropa terutama Perancis. Bahkan beberapa negara sudah memasarkan daging bekicot dalam kemasan kaleng. Di Indonesia sendiri, bekicot sudah dikonsumsi dalam bentuk keripik, sate, tambahan untuk nasi goreng, mi , dll.


 千手螺 Thousand Arm Snail,
masakan bekicot dari Taiwan








Di Indonesia, sejak tahun 1980, bekicot mulai diekspor dalam bentuk beku dengan tujuan Eropa . Pasaran ekspor bekicot Indonesia yang penting selain Prancis adalah Amerika Serikat, Hongkong dan Taiwan.

Bagian bekicot yang umum dikonsumsi manusia adalah bagian kakinya, sedangkan perut dan sungutnya dibuang. Dari 7 kg bekicot dapat diperoleh 1 kg dagingkaki. Daging bekicot menghasilkan  protein yang tinggi dan menghasilkan energi yangcukup besar, lebih besar dari daging kerbau. Dari hasil analisis, diketahui bahwa dalam 100 gram daging segar terkandung protein sebanyak 15.8 gram, lemak 0.9 gram dan akan menghasilkan energi sebesar 97 kkal. Daging bekicot juga mengandung asam amino esensial yang lebih tinggi dari telur ayam (ras dan lokal), disamping mempunyai komposisi asam amino yang baik dan tinggi dalam kadar lisin dan arginan, serta banyak
mengandung vitamin B12, kalsium dan fosfor.


Bekicot kemasan kaleng dari Cina

Daging bekicot mempunyai daya penyembuhan terhadap penyakit. Bahan yang
mempunyai daya penyembuh yang diekstraksi dari daging bekicot disebut “Ishimoto
negligin”. Penyakit yang dapat disembuhkan antara lain asma, sakit ginjal, TBC, anemia,
diabetes, sembelit dan mencegah influenza.

Reference:
http://en.wikipedia.org/wiki/Snail
http://www.ebookpangan.com/ARTIKEL/PRODUK%20OLAHAN%20BEKICOT.pdf
http://jackson.typepad.com/photos/taiwanese_food/1000armsnail.html
http://www.made-in-china.com/showroom/aotuokang/product-detailnbUEHqwubrVF/China-Canned-Snail-Meat.html

0 comments:

Post a Comment