6:54 PM

Dual Class dalam ROM

Posted by 3domba



1. Apa itu Dual Class
Salah satu keunikan ROM yang membedakannya dengan banyak MMORPG sejenis adalah memperbolehkan anda untuk menggabungkan 2 job dari ROM menjadi 1 job unik yang memiliki skill dari kedua job tersebut.

2. Bagaimana cara memperoleh job kedua?
Anda bisa mengambil job kedua anda saat karakter anda mencapai level 10.
Anda perlu pergi ke kota Varanas di Silverspring yang bisa dicapai dengan pergi ke arah utara dari Howling Mountains. Di kota Varanas, pergilah ke Class Hall di arah kanan bawah dari kota atau anda bisa berbicara kepada npc teleporter untuk mengantarkan anda ke sana. Di Class Hall, anda bisa berbicara kepada salah satu npc job yang anda pilih untuk memberikan anda job kedua. Job kedua ini permanen dan tidak bisa diulang.

3. Batasan job
Level job kedua anda tidak bisa lebih tinggi dari job utama anda.
Misalnya, 
Saat seorang knight level 10 ke atas memilih scout sebagai job kedua, di status karakter akan tampak sebagai knight level 10 dan scout level 1. Tapi saat dia menukar job utamanya ke scout, status akan menjadi scout level 1 dan knight level 1. Jika anda menaikkan level scout anda ke level 2, maka di status akan tampak sebagai scout level 2 dan knight level 2. Jika dia mengubah lagi job utama jadi knight, maka di status akan tampak sebagai knight level 10 dan scout level 2.

Langkahnya,
level 10 Knight choosing Scout as secondary -> 10 Knight, 1 Scout.
Switching Scout to be the primary class -> 1 Scout, 1 Knight.
Leveling up as a Scout -> 2 Scout, 2 Knight
Switching Knight to be the primary class -> 10 Knight, 2 Scout.

Hati-hati dengan equip yang pakai karena job utama yang menentukan equip apa yang bisa anda pakai. Misalnya, saat knight berganti ke scout, equip knight yang tak bisa dipakai scout entah karena batasan level atau job akan tampak berwarna merah, dan sesungguhnya scout anda tidak memakainya. Anda mendapatkan equipment awal gratis untuk job kedua anda saat anda mendapat job kedua anda, anda bisa mengklik shorcut untuk switch equip di jendela equip anda.


4. Menukar job



Anda bisa menukar job utama dan kedua di rumah anda. Anda mendapatkan rumah gratis sejak awal di kota Logar. Bicara kepada npc maid di rumah anda untuk mengganti job. Pertama pilih job utama baru di jendela yang muncul lalu pilih job kedua.



5. Skill yang bisa anda pakai dari job kedua
Jika anda melihat jendela skill anda, terdapat 3 tabs, yaitu normal, general dan class-specific. Anda bisa memakai skill class-specific, hanya saat job yang memiliki skill tersebut adalah job utama. Skill general bisa dipakai kedua kombinasi job. 
Anda juga perlu memperhatikan equip yang bisa dipakai job anda, misalnya jika job utama anda adalah mage dan job kedua adalah knight, anda tetap tidak bisa memakai skill shield knight karena mage memang tidak bisa memakai shield.

6. Sumber energy yang dipakai masing-masing job adalah unik 
Skill masing-masing job mengambil sumber energi yang berbeda.
Misalnya, mage, priest, dan knight memakai mp untuk skill mereka,  scout dan rogue memakai sp untuk skillnya, warrior memakai rage untuk melakukan skillnya.
Kombinasi penggunaan sumber energi yang berbeda ini memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri dan bisa mempengaruhi cara anda main dan mengupgrade status equip.

7. Status dan skill yang diberikan kombinasi job anda
Anda perlu mempertimbangkan kombinasi dari status dan skill job anda, apakah kedua job itu bisa saling membantu? Karena status dan skill yang dimiliki job kedua anda belum tentu berguna bagi job utama anda.
Saat mencapai level 15 anda bisa mendapatkan skill unik pertama yang hanya dimiliki kombinasi kedua job tersebut dengan melakukan quest, di level 20,25,30, dan seterusnya anda akan mendapatkan skill unik baru tergantung dari apa job utama anda dan apa job kedua anda.
Job utama anda mendapatkan 10 persen status yang dimiliki job kedua anda.

8. Skill dari senjata dan armor
Jika anda melihat jendela skill armor dan senjata, anda bisa melihat bahwa karakter anda memiliki level untuk masing-masing armor dan senjata tersebut. Jika anda memainkan mage, kemungkinan skill tersebut akan sulit dinaikkan karena cara main mage yang sering membunuh dari jarak jauh dengan skillnya sehingga tidak pernah perlu memukul dengan staff atau menahan damage monster tersebut. Berbeda dengan job jarak dekat seperti warrior yang selalu memukul dan menahan damage sehingga mudah menaikkan skill tersebut.

9. Talent Points
Seperti halnya xp untuk menaikkan level, job utama yang berbeda memiliki talent point masing-masing untuk menaikkan skill mereka. Anda pun perlu memperhatikan syarat level job untuk membuka dan menaikkan level skill tersebut.

10. Menaikkan level job kedua anda
Saat anda mendapatkan job kedua anda, anda akan mendapatkan skill untuk teleport ke area bernama sasclia steppes yang memiliki quest baru, berguna saat anda mengganti job utama anda dan menjadi level 1 lagi.
Anda bisa melakukan sebuah quest dan saat anda menyelesaikannya, anda bisa menukar job utama anda untuk mengambil hadiah xp dan tp yang diberikan oleh quest tersebut. Ini bisa dilakukan untuk menaikkan job kedua anda lebih cepat dengan melakukan quest yang levelnya lebih tinggi dengan job utama dan biarkan job kedua anda yang mengambil hadiah quest tersebut.


LINK: 
http://forum.runesofmagic.com/showthread.php?t=23764

0 comments:

Post a Comment