12:23 AM

Panduan pemain baru ROM

Posted by 3domba



Panduan pemain baru ROM 



Post ini bertujuan memudahkan pemain baru ROM mengenal game ini dan mengetahui apa yang perlu dilakukan. Mungkin juga berguna untuk mengingatkan kembali pada apa yang lupa^^


1. Basic controls

Anda bisa menggunakan tombol W,A,S,D untuk menggerakkan karakter anda keempat arah, Q dan E untuk membuat karakter anda bergeser ke samping. Karakter anda pun bisa melompat menggunakan tombol SPACE.
Untuk mengganti tombol di keyboard, ESC lalu klik Key Bindings.

Hindari lubang, kotak, peti, tebing yang curam, ujung ruangan, dan ruang yang langit-langitnya rendah untuk menghindari karakter anda terkena stuck. Jika anda terkena stuck, coba melompat ke depan atau samping, menggunakan recall stone, atau memanggil GM jika cara lain gagal.


2. Camera movement
Menahan tombol mouse kanan dan menggesernya akan menggerakkan pandangan kamera anda.
Mouse scroll wheel digunakan untuk zoom in dan out.
Tombol mouse kiri untuk menggerakkan karakter anda secara lurus, disarankan jangan memakai mouse untuk menggerakkan karakter anda karena tidak bisa menghindari sesuatu yang menghalangi karakter di jalannya.


3. Interface
Anda bisa mengatur interface di bawah Interface options.
Hotbar tab mengijinkan anda untuk memasang lebih banyak hotbar di screen.
UI scale mengijinkan anda untuk mengubah ukuran interface.

CTRL+Z , menghilangkan interface sehingga anda bisa mengambil screen shot tanpa terganggu.
CTRL+X , menunjukkan fps dan ping counters anda.


4. Inventory
Memencet B, akan memunculkan jendela inventory dimana anda bisa mengatur, memasukkan, atau membuang item.
Dalam inventory terdapat 6 tab dengan hanya ada 2 tab yang tersedia di awal permainan, sisanya bisa disewa dengan menggunakan item mall.
Di bawah inventory ada 4 tombol, yaitu:
-tas item mall yang menyimpan barang item mall yang telah anda beli
-arcane transmutor untuk mentransmutasi item dan mengkombinasikan rune stones
-tempat sampah untuk membuang item
-sorter untuk mengatur item anda dalam kategori


5. Status karakter


Memencet C, akan memunculkan informasi tentang karakter anda.
Bagian kiri menunjukkan status, reputasi, dan resistance.
Bagian tengah menunjukkan karakter dan equip yang dia pakai, menaruh pointer anda di bagian tubuh tertentu akan membuka jendela quick switch dan mengijinkan anda untuk menandai equip yang bisa dipakai job anda di inventory untuk dipakai.

Bagian kanan terdapat tab lain yang membuka menu crafting skill, level job, weapon mastery, emote, dan title.


6. Guild


Memencet G, akan memunculkan guild interface
Jika anda tidak memiliki guild, akan muncul pesan bahwa anda tidak dalam guild dan isinya kosong.
Dua tombol di atas adalah War Info dan Guild Resources. War Info memberitahu berapa kali guild telah berperang dan hasil perang tersebut. Guild Resources membuka interface dimana anda bisa menyumbangkan bahan-bahan seperti herb, wood, ore, gold, diamond, guild rune,dll
Menaikkan level guild bisa membuka hal-hal baru.
Ketua guild mempunyai kemampuan untuk mengubah ranking, mengatur apa yang diperbolehkan, mengundang dan mengeluarkan anggota guild, dan mempost di bulletin board.


7. Skill
Memencet K, akan memunculkan skill interface.
Di skill interface, anda bisa melihat skill-skill yang anda miliki, dibagi general skill,skill job utama,skill job kedua, dan skill yang hanya bisa dipakai job utama.
Anda bisa menggeser sebuah skill ke hotbar anda dan bisa mengupgradenya dengan talent point.


8. Memilih job

a. Knight
Memiliki kemampuan untuk mengenakan plate armor dan shield. Job tahan badan utama yang memiliki defense dan HP tertinggi di ROM yang dikompensasi dengan attack mereka yang terendah dibanding job lain. Bisa menggunakan senjata dua tangan untuk mendapatkan damage lebih tinggi.

b. Warrior
Memiliki str tertinggi dengan chain armor yang defensenya kedua tertinggi setelah knight. Job yang memiliki attack tinggi dan serangan area jarak dekat. Menggunakan kemarahan sebagai sumber energi untuk melakukan skill mereka. Bisa memakai hampir semua jenis senjata di game ini.

c. Rogue
Cepat, lincah, dan licin. Job yang mengorbankan defensenya untuk serangan kritikal dan damage tinggi. Menggunakan energi untuk melakukan skill mereka yang memiliki akurasi tinggi dan efek-efek merugikan bagi musuh. Menggunakan senjata dagger, pisau lempar sebagai senjata dan memakai pakaian kain.

d. Scout
Sering memakai taktik hit and run. Job yang memiliki defense selemah rogue karena pakaian mereka yang sama-sama kain tapi memiliki serangan jarak jauh dengan bow mereka. Variasi efek skill mereka pun tidak kalah dengan rogue.

e. Priest
Healer utama dalam game dan selalu dibutuhkan oleh party. Job yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan, memberi skill support, dan menghidupkan karakter yang mati.

f. Mage
Job yang memiliki defense dan HP terendah tapi serangan magic jarak jauh terbaik. Selain damage 1 target dan area, job ini pun dibekali variasi skill untuk melindungi karakter mereka dan mendisable musuh mereka.


Dual class 
Anda bisa menggabungkan dua job dalam ROM dengan gabungan skill kedua job bersama skill-skill unik yang tergantung dari kombinasi job utama dan kedua.


9. XP dan talent point
Didapat dari membunuh monster, menaikkan level karakter, dan menyelesaikan quest. XP dibutuhkan untuk menaikkan level karakter anda. Talent point berguna untuk menaikkan level skill yang telah anda dapat dengan membayar sejumlah talent point tertentu yang jumlahnya naik seiring dengan naiknya level. Anda bisa mereset talent point yang telah digunakan dengan item mall. Di level 30, anda akan mendapatkan rune gratis yang memperbolehkan anda mereset talent point job utama anda. Pada dasarnya, tak ada batasan talent point jadi anda bisa memaksimalkan semua skill anda tapi tentu saja akan memakan banyak waktu.



10. Monster



Anda bisa melihat apa tipe monster tersebut dengan melihat target info di tengah atas screen.
Monster di ROM dibagi 3 kategori, yaitu:

-Monster biasa
Monster biasa cuma punya level di jendela gambar mereka. Mereka bisa dibunuh oleh pemain solo dan party dengan mudah. Drop biasanya jelek tapi terkadang drop equip putih atau hijau.

-Monster elit
Monster elit mempunyai garis batas elang emas di jendela gambar mereka, mereka juga bisa menjadi bos dari sebuah quest. Mereka lebih kuat dan sering membutuhkan party untuk mengalahkan mereka. Biasanya berada dalam dungeon atau instance. Drop equip putih dan hijau, terkadang biru.

-Monster bos
Monster bos adalah paling tersulit. Mereka memiliki batas elang emas dan mahkota di jendela gambar mereka. Memiliki HP dan attack yang besar. Membutuhkan raid party sampai 20 orang atau lebih. Drop equip putih, hijau, dan biru, terkadang juga sebuah kartu monster langka.

Monster compendium
Terkadang anda mendapatkan sebuah kartu dari drop monster. Mengklik kanan kartu tersebut menaruhnya di monster compendium yang fungsinya sebagai ensiklopedia monster bergambar dengan kategori yang bervariasi. Anda bisa membuka jendela monster compendium dengan memencet P.

Combat dalam ROM



11. World map



Memencet M, akan membuka map area dimana anda berada. Untuk membuka menu lain, klik tombol kanan atas world map , yang bisa membuka map lain atau dungeon.



12. World search
Tombol world search berada di interface mini-map, tombol kedua di kiri. Anda bisa mencari quest,monster,bahan di area anda atau menyembunyikan quest level rendah. Anda juga bisa menandai map anda serta hal-hal berguna lainnya. Memencet backspace juga memunculkan world search.


13. Quest
Memencet L, akan membuka quest interface yang menunjukkan daftaer quest yang telah diambil dan bisa diambil. Bagian kiri menunjukkan quest yang telah diambil diikuti dengan tingkat kesulitannya. Quest hijau adalah 3 level di bawah level anda. Quest kuning adalah yang setara dengan level anda. Quest merah adalah yang 4 level atau lebih di atas level anda dan sulit untuk diselesaikan.
Jika anda kehilangan item quest atau gagal menyelesaikan quest, anda bisa membatalkan quest dengan mengklik quest di bagian kiri dan klik "abandon quest" di kanan bawah.
Jika anda tidak bisa menemukan quest NPC Reward, anda bisa mengklik tombol yang akan menunjukkannya untuk anda di world map.

Quest List
Daily Quest List 
Daily Quest Items List 


14. Quest icon 
Quest icon tampak dalam bentuk simbol di atas kepala NPC atau obyek quest.
(!)
Tanda seru kuning menunjukkan bahwa quest bisa dilakukan di level anda atau lanjutan dari quest yang sudah ada
Tanda seru biru menunjukkan daily quest yang bisa diambil 10 kali per hari. Daily quest direset setiap 24 jam.
Tanda seru abu-abu berarti quest belum bisa diambil sekarang dan baru bisa diambil di level berikutnya.

(?)
Hanya ada dalam 1 warna yaitu kuning terang, menunjukkan lanjutan dari quest chain.

(tanda centang)
Tanda centang kuning menunjukkan bahwa anda sudah menyelesaikan quest dan tinggal berbicara kepada npc tersebut.
Tanda abu-abu adalah sebaliknya.

Anda bisa menampilkan quest icon di world map.


15. Tipe quest
Quest dibagi 4:

-Chain quest
Biasanya melibatkan 3-5 kali quest yang merupakan kombinasi dari membunuh monster, mencari barang, mengantar barang ke NPC untuk mendapatkan hadiah.

-One time quest
Hanya dilakukan 1 kali. Biasanya hanya mencari barang atau mengantar barang. Daily quest termasuk di dalamnya.

-Crafting quest
Mencari bahan-bahan untuk membuat barang atau memberikan bahan-bahan tersebut kepada NPC untuk hadiah. Membutuhkan level crafting tertentu agar berguna.

-Boss quest
Quest tersulit yang memberikan hadiah besar. Biasanya menyuruh anda untuk pergi ke dungeon dan membunuh monster elit. Beberapa bisa diulang, beberapa tidak.


16. Crafting



Crafting mengijinkan anda untuk membuat equip anda menggunakan resep yang sudah dibeli, ditemukan, atau didapat. Jika anda memiliki skill crafting yang cukup, anda bisa membuat equip terbaik dalam game dan mendapatkan keuntungan darinya, crafting membutuhkan waktu, uang, dan dedikasi tinggi untuk orang yang ingin serius mendalami crafting.

Anda bisa mengumpulkan bahan-bahan crafting dari seluruh dunia Taborea yaitu herb, wood, dan ore. Apa yang bisa anda kumpulkan tergantung level crafting anda. Tier 1 mulai dari 0, tier 2= 8, tier 3= 16, dan seterusnya. Anda mempelajarinya sebagai bagian dari chain quest di area awal sekitar level 3.
Setelah anda mempunyai cukup bahan, anda harus merefinenya dulu sebelum bisa menggunakannya untuk memproduksi. Resep untuk refine bisa didapat dari masing-masing NPC untuk crafting. Item hijau membutuhkan 2 bahan dan item biru membutuhkan 6 bahan.

Anda bisa memilih dari banyak jalan untuk crafting tergantung dari tujuan anda yaitu alchemy, cooking, tailoring, armor crafting, blacksmithing, dan carpentry.
Untuk membuat item, pergi ke crafting station, klik kanan skill di interface skill untuk membuka jendela yang mengijinkan anda memilih apa yang mau anda buat. Mengklik resep yang sudah anda pelajari akan menunjukkan bahan apa yang dibutuhkan untuk membuat item ini. Jika anda memiliki cukup, anda bisa memencet tombol craft untuk memulai. Anda bisa mengatur berapa banyak item yang dibuat.
Dari crafting npc yang bersangkutan, anda bisa membeli resep spesial dari masing-masing npc yang berbeda.

Anda mendapatkan xp untuk menaikkan level skill crafting masing-masing dari gathering, refine, dan production.

Setiap jenis crafting memiliki 4 tingkat tier:
-level 1-20 -Apprentice -tidak dibatasi
-level 20-40 -Craftsman -dibatasi 6 jenis crafting skill
-level 40-60 -Adept -dibatasi 3 jenis crafting skill
-level 60-80 -Master -dibatasi 1 jenis crafting skill

Untuk menjadi master, anda harus bicara kepada npc master instructor di Obsidian Stronghold.
Setelah anda mencapai batas level tier, anda harus melakukan test untuk maju ke tier selanjutnya.

Resources wiki

Gathering wiki

Processing wiki

Production wiki

Planting wiki

17. Upgrade
Anda mempunyai banyak cara untuk mengupgrade equip yang anda punya yaitu enchanting, transmuting, dll.


18. Rumah


Anda sudah memiliki rumah sejak awal memulai game ini, rumah pertama anda adalah di kota logar. Bicara kepada npc maid untuk masuk ke rumah anda.






Di dalam rumah anda bisa melakukan banyak hal yaitu dekorasi furniture , item storage, mannequin, crafting site, sharing rumah dengan pemain lain, ekspansi rumah, interaksi dengan obyek dalam rumah seperti api unggun, dan masih banyak lagi yang bisa ditambahkan oleh pengembang game.




19. Mount


Anda mendapatkan mount pertama 24 jam pertama anda dari gift bag level 2. Mount selanjutnya bisa disewa dengan menggunakan sejumlah koin phirius dari npc. Anda juga bisa membeli mount permanen dari item mall.
Keuntungan mount adalah kecepatan jalan yang lebih cepat 60 persen ke atas daripada saat anda berjalan dengan karakter anda.

Bentuk mount bermacam-macam ukuran dan jenisnya.
Saat anda bertarung dengan monster, anda akan otomatis turun dari mount anda.

20. Pets



Pet dalam rom lebih untuk alasan fun saja. Mereka mengikuti pemain tapi tidak akan membantu pemain. Banyak pet didapat lewat item mall dan bisa disewa atau dibeli secara permanen.




21. Kota dalam ROM
Di dalam kotalah anda bisa mengakses kebanyakan quest, npc , toko, dll. Karakter anda memulai dari Pioneer's Colony.


22. Addon ROM
Anda bisa mengatur interface dalam ROM dengan bantuan addon yang dibuat pihak ketiga.


23. Memainkan ROM di Linux
Tidak disarankan, ROM biasanya lebih lancar jika anda memainkannya di OS windows.





Tips
-Lakukan quest terutama daily quest yang akan menjadi sumber utama xp dan tp anda. Phirius koin, hadiah dari daily quest berguna untuk membeli barang-barang item mall termasuk mount dan fusion rune stone.

-Anda tidak harus melakukan semua quest yang ada, jika quest dirasa tidak memberikan xp dan tp yang cukup lagi, anda lebih baik mencari quest yang lebih cocok untuk level anda.

-Anda mendapatkan gift bag dari saat anda memulai ROM, gift bag memberikan berbagai macam barang seperti equip tergantung dari pakaian yang sedang anda pakai, pot, dll. Anda tidak harus membukanya pada saat memainkan job pertama, anda juga bisa menyimpannya untuk job kedua atau menyimpannya untuk lain waktu jika benar-benar membutuhkan mount karena hadiah gift bag level 2 termasuk 1 mount 24 jam.

-Anda tak usah terlalu mempedulikan upgrade sampai setidaknya anda level 30-40an, equip yang didapat dari quest dan drop biasanya sudah cukup baik sampai level 40an.

-Saat memilih job, pertimbangkan apakah karakter anda akan menjalani levellingnya dengan sering solo, sering party, atau bisa berganti sesuai keadaan karena tidak semua jenis job berkontribusi banyak bagi party. Job yang sering dicari party sesuai urutannya adalah yang berfungsi sebagai damage dealer(mage, rogue, warrior) , healer (priest), tanker(knight, warrior,rogue). Terkadang juga sebagai supporter(priest,scout,rogue)


Penutup
Demikianlah guide ini. Saya tidak membuat guide ini, hampir seluruhnya dari menyadur guide milik forum luar negeri. Saya akan mengupdate lagi guide ini jika ada yang baru. Semoga bisa berguna bagi para pemain ROManiacs sekalian^^


LINK
http://forum.runesofmagic.com/showthread.php?t=85231
http://forum.us.runesofmagic.com/showthread.php?t=23689
http://www.theromwiki.com/index.php/Main_Page 

0 comments:

Post a Comment