9:29 PM

Fobia dalam kehidupan kita

Posted by 3domba


Apa itu Fobia? 

Fobia adalah semacam penyakit jiwa dimana seseorang mengalami ketakutan secara berlebihan terhadap sesuatu yang sebenarnya sehingga terkadang mengganggu kegiatan sehari-hari orang tersebut seperti halnya fobia terhadap hubungan dengan orang lain.

Fobia dibedakan jadi 3 yaitu fobia sosial, fobia berada di luar ruangan, dan fobia yang spesifik.

Fobia yang paling umum adalah berbicara di depan umum, tempat gelap, air, tempat tinggi, hewan, dan darah. Wanita memiliki kemungkinan dua kali lebih besar dari pria untuk menderita fobia. Pecandu alkohol memiliki kemungkinan fobia 10 kali lebih besar daripada yang tak minum alkohol. Sebaliknya penderita fobia 2 kali lebih besar jadi pecandu alkohol daripada yang tidak fobia.

Penyebab Fobia?

Fobia bisa disebabkan oleh keturunan, dipengaruhi kebudayaan dan lingkungan, dan bisa disebabkan oleh kejadian dalam hidup orang tersebut.



Gejala Fobia

- Perasaan panik
- Perasaan takut
- Napas tak teratur
- Detak jantung cepat
- Tubuh bergetar
- Perasaan ingin melarikan diri



Penanganan Fobia 

Fobia tidaklah permanen dan bisa disembuhkan tergantung dari seberapa parah fobia tersebut. Jika dibiarkan tanpa penanganan, fobia bisa memburuk dan menyebabkan masalah bagi orang tersebut. Menyembuhkan fobia bisa dengan konsultasi dan terapi psikologis dengan orang yang ahli dalam bidangnya seperti pekerja sosial dan psikolog.


LINK
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/phobias.html
http://www.medicinenet.com/phobias/article.htm
http://www.phobialist.com/

0 comments:

Post a Comment