7:36 PM

Rune of Magic Indonesia Review

Posted by 3domba

Pengenalan ROM


ROM (Rune of Magic) adalah game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) yang berasal dari pengembang Taiwan, Runewaker Entertainment dan awalnya diterbitkan oleh Frogster Interactive di Jerman untuk kommunitas eropa. Amerika dan internasional menyusul kemudian. Saat pertama kali diterbitkan, ROm sempat menarik banyak pemain dan menjadi game F2P terlaris di Eropa karena kemiripannya dengan game World of Warcraft (WOW)



Di Indonesia sendiri, ROM diterbitkan oleh perusahaan  PT Prodigy Infinitech. Saat artikel ini ditulis, ROM Indonesia baru saja menyelesaikan masa close betanya pada tanggal 18 November 2009, open beta akan menyusul tidak lama kemudian.

Sistem pembayaran ROM adalah F2P(Free to Play), hal itu berarti ROM mendapatkan sumber pemasukannya dari cash shop/item mall dimana pemain membayar sejumlah uang untuk membeli barang dalam game tersebut, selain itu ROM bisa dimainkan gratis selamanya tanpa membeli gamenya atau membayar secara bulanan. Keunikan ROM dibandingkan game F2P lain, adalah pemain ROM bisa memakai coin dalam game yang didapat dari quest harian untuk membeli barang di item mall tersebut, pemain ROM hanya harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan quest-quest harian tersebut.


Character Creation

Saat memulai game, anda bisa menciptakan bentuk karakter yang sesuai dengan keinginan anda dari berbagai ras(saat ini baru tersedia ras manusia). Anda bisa mengatur warna kulit, rambut, tinggi badan, ukuran badan, wajah, dll. Karakter tersebut yang akan anda gunakan dalam petualangan anda di ROM. Jika di pertengahan game anda ingin mengubah penampilan anda, anda bisa menggunakan character syling dengan membayar sejumlah koin. Character styling juga bisa mewarnai pakaian dan mount anda.

Anda bisa memilih salah satu dari 6 job yang disediakan, yaitu Knight, Warrior, Rogue,Scout, Mage, dan Priest. Knight adalah job tahan badan yang memiliki defense dan HP terbesar, Warrior adalah job tukang pukul jarak dekat yang defense dan HPnya hanya di bawah Knight, Rogue adalah job tukang pukul jarak dekat yang paling gesit, Scout adalah penyerang jarak jauh yang bisa menggunakan bow atau crossbow, Mage adalah pengguna magic offensif, Priest adalah pengguna magic defensif sekaligus healer utama di ROM.




Saat ini di ROM hanya ada satu ras yaitu manusia, ras lain kemungkinan akan dimasukkan ke ROM di masa depan. Saat ini di ROM Eropa, baru saja dimasukkan ras Elf bersama dua job yang spesifik untuk mereka, yaitu warden dan druid.


Character Development

Anda bisa mengembangkan karakter anda dengan tambahan status dan TP yang didapat dari naik level atau hadiah quests. Skill-skill terbuka sesuai dengan level dan jenis job anda. Tak ada batasan untuk TP, anda bisa memaksimalkan semua skill job anda jika anda mau menghabiskan banyak waktu untuk itu. Batasan level di ROM adalah 50, di ROM Eropa baru saja dinaikkan batasan levelnya hingga 55.


Job di ROM memiliki keunikan yang mirip dengan game seperti Titan Quest dan Final Fantasy XI, Di ROM anda bisa memilih job kedua anda untuk mendukung job pertama (general skill dan sedikit tambahan status) anda saat anda mencapai level 10. Di level 15 dan berikutnya, anda bisa mendapatkan skill unik yang hanya dimiliki kombinasi kedua job tersebut.


Asiknya lagi, anda bisa menukar job utama anda dengan job kedua tersebut jika anda menginginkannya. Proses pertukaran job tersebut bisa dilakukan di rumah anda. Terdapat 36 kombinasi job yang bisa digunakan di ROM.

Saat mencapai level 10, anda bisa mulai menggunakan Arcane Transmutor untuk mengkombinasikan batu-batu magic untuk menciptakan batu yang lebih baik, dimana anda bisa menggunakannya untuk memperkuat equip anda.


World and Combat System

Anda bisa memiliki rumah di ROM sejak awal anda memulai game ini dan rumah tersebut bisa didekorasi untuk memberikan berbagai macam bonus untuk anda. Di rumah tersebut juga, anda bisa menyimpan barang-barang agar tidak terlalu membebani bawaan anda. Anda juga bisa mengunjungi rumah pemain lain dan mengambil barang di peti mereka jika anda mengetahui password pemain tersebut.Juga terdapat mailbox di dekat rumah anda, dimana anda bisa saling berkirim surat dan barang dengan pemain lain di ROM.



Dalam dunia ROM yang luas, terdapat banyak area yang bervariasi ciri khas sebuah game fantasi seperti hutan, kastil, desa, tambang, dll. Anda bisa menggunakan tunggangan (mounts) yang bervariasi untuk mempercepat anda mencapai tujuan.Sebagian dungeon di ROM bersifat random dan memiliki bos di dalam dungeon tersebut. Tidak kalah bervariasi, monster-monster yang berkeliaran di dunia ROM bisa anda bunuh untuk mendapatkan hadiah tertentu dan menyelesaikan quests.



Pertarungan dalam ROM seperti halnya kebanyakan game F2P standar, anda melakukan segala aksi anda termasuk menyerang dan menggunakan skill dengan klik mouse atau shorcut yang bisa diatur dengan tombol keyboard. Keunikan ROM yang jarang dimiliki game F2P lain adalah anda bisa menggunakan keyboard (WASD) untuk pergerakan karakter anda. Selain itu anda bisa memasukkan perintah-perintah anda ke dalam makro agar dengan 1-2 shorcut anda bisa melakukan banyak hal secara otomatis.


Quests and Crafting System

ROM menawarkan banyak variasi quests (tugas yang bisa diselesaikan dalam game untuk mendapatkan hadiah tertentu). Daily quests juga berguna untuk memberikan hadiah koin yang bisa anda gunakan untuk membeli barang di item mall, selain juga memberikan experience(XP) dan talent point(TP) yang diperlukan untuk perkembangan karakter anda. Terkadang anda juga akan menemukan mini games yang bisa anda selesaikan untuk mendapatkan hadiah tertentu.


Di ROM, anda bisa menyibukkan diri dengan crafting sistem, untuk mengumpulkan dan menciptakan barang baru. Barang-barang hasil crafting ini nantinya bisa digunakan untuk menyelesaikan quest atau menciptakan barang lain lagi. Crafting sistem ini termasuk membuat obat-obatan, menebang kayu, menambang, memasak, menjahit, dll. Anda bisa menjual hasil crafting tersebut di Auction House (rumah lelang), dimana anda tidak perlu tetap online untuk menjual barang anda.


Party and Guild

Petualangan anda dalam ROM tentunya lebih menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama. Anda bisa membuat atau bergabung dalam party/ grup dengan xp dan drop barang yang dibagi-bagi. Anda bersama party bisa melakukan quest bersama atau melawan bos untuk mendapat xp besar atau drop langka. Anda bisa mengetahui posisi anggota party anda dengan tanda di mini-map.


Dalam ROM, anda bisa bergabung dalam satu kelompok pemain yang disebut guild dengan guild kastil dan tempat penyimpanan barang guild yang bisa diakses oleh semua anggota guild tersebut. Guild tersebut bisa dikembangkan dengan sejumlah uang dan rune tertentu. Anggota guild juga bisa mendekorasi kastil guild, tapi tidak ada bonus dekorasi kastil guild seperti dekorasi rumah mereka.Anda bersama guild anda bisa menyerang kastil guild lain dan mempertahankan kastil guild anda dari serangan guild lain.


Servers and PVP System


Anda bisa memilih jenis server dimana anda akan bermain, yaitu server PVP (Player vs Player) dan server PVE (Player vs Enemy). Di server PVP, pemain-pemain bisa saling membunuh di sebagian map tertentu. Di server PVE, pemain-pemain bisa saling membunuh jika mengaktifkan open PK pada karakter mereka. Jika anda mati karena PVP, ada kemungkinan barang yang anda miliki hilang (drop), barang yang dibeli dari item mall tak akan pernah jatuh.

Di server PvP, di level 15, anda bisa mulai membunuh pemain lain, juga terdapat sistem reputasi. Jika anda membunuh pemain lain, anda akan mendapatkan reputasi buruk, tapi jika anda membunuh pemain dengan reputasi buruk, anda akan mendapatkan reputasi baik. Reputasi baik juga didapatkan dari melawan monster 5 level di atas pemain. Pemain bisa membedakan reputasi buruk buruk dan baik dengan warna nama mereka. Baik dan buruk mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri, misalnya buruk memiliki damage lebih besar tapi drop barang saat mati lebih besar.



Penutup

Grafik di ROM yang agak kartun cukup cantik secara visual dan bisa dimainkan di kebanyakan warnet di Indonesia dengan pengaturan yang tak terlalu tinggi. ROM juga memiliki interface yang cukup baik dan mudah untuk dimainkan. Musik dan suara efek di ROM termasuk cukup standar untuk menemani permainan anda di dunia ROM.


Keunikan lain ROM yang terinspirasi dari WOW adalah anda bisa memakai addon di game ini yang memberikan berbagai macam keuntungan seperti interface yang lebih enak digunakan, visual yang lebih enak dilihat, dan mempermudah melakukan hal tertentu seperti addon inventory viewer di gambar kiri yang fungsinya memindahkan barang antar karakter tanpa harus log on ke game itu sendiri.


Masih banyak filtur-filtur lain yang bisa anda telusuri seperti equipment socket, live emotes, public encounter, costumes, legendary equipment, world bossess, dll.

Tambahan dari saya sendiri, setelah saya mencoba ROM close beta Indonesia. Menurut saya, terjemahan game cukup baik dan permainan berjalan cukup lancar. GM Rune of Magic juga terlihat cukup sering berinteraksi dan menerima masukan dari pemain di Facebook dan forum Kaskus.


Sampai jumpa di Rune of Magic Open Beta Indonesia.

LINK:
ROM Indonesia
ROM Eropa
ROM Amerika
ROM Reviews di IGN Site
 ROM Addons
ROM Indonesia di Facebook






21 comments:

LioNx said...

keren gan neh game.. xD

legolas said...

cihui abis nehh!! di post di fb rom, pasti deh di masukin halaman depan bro.!!!

CEPAT OB ROM!!

3domba said...

Thx ya, commentnya, gan. Saya nunggu OB juga :o

Mr. J said...

Like it !!!
Mau nanya add-on untuk transfer barang antar karakter namanya apa ya?

3domba said...

Namanya inventory viewer. Bisa anda download di sini
http://rom.curse.com/downloads/rom-addons/details/goochiv.aspx

Sejujurnya belum pernah coba addonnya, soalnya char saya cuma satu :shy

Mr. J said...

Ok. Tp ga semua add-on bisa dipake di RoM Indo lagian. hehe

ayahshiva said...

kmrn sempet nyoba CB nya, pake job priest baru lvl 10, asli keren abis skilnya priest

Unknown said...

mantap,,, ak maen ps wow ampm & republik,,, dengan game yg mirip wow neh jd mantap lah moga" koneksi onlinenya ga lag neh....

vodkaiserz said...

btw itu inventory viewer bkn bwt
mindahin item.. itu addon fungsinya ngerecord item2 di inventory.. jd misal
pas lo pke
char lu yg laen trs dpt equip bru lu bisa langsung ngebandingina
item
yg ad d inven char lu yg laen.. jd ga usa login char lu yg laen.. gt

Me said...

nice

3domba said...

Thx, penjelasannya, kk vodkaiserz. Saya juga baru tahu :p

Anonymous said...

ga penting kk reviewnya
yg penting OPEN BETAnya!!! T_T
ga tahan pgn main @_@

Silverheal said...

Haduuh... masih blom tanggal 9 ini.. Desember aja blom nyampe.. tapi udah ngebet bngt pengen maen ini... @_@

Mr. J said...

@vodkaiserz
ow gitu. makanya aneh, kok bisa trans barang antar char gitu. hehe. thanks infonya.

Anonymous said...

bagus ni preview, kaga lebay, kaga terlalu melebih2-kan. Jadi pengen maen.. Download dulu. Aduh lama amat 3 hari. Itu DVD gratisnya beneran bisa dikirim?

3domba said...

Thx pujiannya^^
Iya, dvdnya beneran gratis dikirim. Saya dan saudara saya juga dah dapet:o
Sabar aja kalau mau dikirimin soalnya yg pesan juga banyak.

Anonymous said...

Gua dah pesen sebulan ga di kirim....Tapi kemaren dah di email ke marketing nya....ga tau neh ada tanggapan nga....
Tapi kayanya ...susah sehh...
Gua seh kalo OB pertama dah keluar masih blom ada DVD nya....ga maen ajah dehh...

3domba said...

Dah e-mail marketing kode pengirimannya? Coba post di thread ROM di facebooknya biar GM bisa menanggapi.

Anonymous said...

mari percepat OB rom ke tanggal 2

Cheers untuk rom indo

Download cheat" game online said...

percepat OB plisss. . senin besok kk. .ga nahan neh

Anonymous said...

SIAP BERJUANG MENAHAN LV TERTINGGI DI ROM,. LALALALA~

Post a Comment